koffieenco.blogspot.com

Wednesday, August 13, 2014

Media Pembelajaran Visual



Media pembelajaran visual dalam pendidikan saat ini sangat diperlukan sekali, mengingat teknologi yang semakin canggih bisa dijadikan sebagai media untuk belajar. Dalam pendidikan pasti selalu ada media pembelajaran untuk digunakan membimbing siswa, namun masih banyak para guru yang tidak memperhatikan akan hal tersebut.

Media pembelajaran visual merupakan suatu penyampaian informasi secara kreatif dengan cara menampilkan gambar atau grafik dengan letaknya yang mudah dimengerti oleh si penerima pesan, sehingga gagasan pun juga dapat diterima dengan baik. Jika media visual dihubungkan dengan suatu proses belajar, maka akan membuat pembelajaran terasa menyenangkan dan tidak monoton saja yang siswa lihat. Karena dari media visual inilah guru dituntut kreatif ketika menyampaikan suatu materi, sehingga sang murid dapat menerima penjelasan materi tersebut dengan nalar yang baik, dan juga akan mengasyikkan ketika belajar.

Suatu proses yang dilakukan secara terus menerus merupakan hal yang membosankan, sama hal nya dengan murid, jika gurunya hanya menerangkan suatu definisi apalagi teror dengan berbicara di depan saja sangatlah membosankan bagi siswa. Maka dari itu guru dituntut merencanakan suatu pelajaran dengan semenarik mungkin menggunakan salah satu media yang disebut visual.

Media visual bisa berupa gambar maupun foto. Contohnya divdalam pelajaran IPS adalah, guru sedang membahas materi Negara yang ada di dunia. Karena melalui globe sangat sulit sekali untuk dilihat, sebab ukurannya yang terlalu kecil, maka guru bisa membuatkan peta dengan ukuran besar dan diperlihatkan kepada siswa. Setelah itu, siswa harus menunjuk gambar yang disebutkan oleh guru, dan yang terakhir guru menugaskan siswa membuat gambar peta. Hal tersebut merupakan proses belajar yang sangat baik untuk diterapkan, karena selain pelajaran menjadi mudah untuk dihapalkan, anak-anak juga bisa mengekspresikan hasil karyanya dengan menggambar peta. Jika semua guru di Indonesia dapat menerapkan media pembelajaran dengan baik, pastinya tidak ada lagi murid-murid yang sengaja bolos sekolah atau takut dengan pelajarannya.

Media pembelajaran visual dapat diterapkan untuk semua mata studi. Misalnya untuk pelajaran matematika bisa menggunakan gambar balok atau segitiga untuk menentukan suatu rumus, dan untuk pelajaran seni bisa melukiskan kreasi yang dimiliki para siswa. Jika Anda kurang memahami pengertian media pembelajaran silahkan klik di sini.






Rating: 4.5