koffieenco.blogspot.com

Sunday, April 6, 2014

Apakah Pembelajaran yang Efektif itu?



Pembelajaran Efektif - Kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk diperhatikan dalam upaya yang konsisten dalam mewujudkan cita-cita untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu menuntuti tuntutan kehidupan dalam menjalani kehidupannya di masa yang semakin modern ini. Saat ini dunia terus mengalami globalisasi di mana hal ini menimbulkan batasan-batasan kenegaraan yang selama ini jelas adanya menjadi kian abstrak.

Hal ini memiliki pengaruh yang besar pada semakin menyatunya kehidupan manusia dari berbagai belahan dunia. Jika ditinjau dari segi positif maka hal ini memiliki pengaruh yang besar dalam hal pembelajaran yang di alami masyarakat yakni erat kaitannya dengan alih teknologi yang diharapkan mampu membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Namun di balik itu semua jelas menimbulkan sebuah probelma yang kian menjadi pencermatan bagi kita semua yakni tentang dampak negatif yang timbul akibat dari dunia yang semakin global tersebut. Berbagai macam persaingan yang kian bebas menjadi problema utama yang dihadapi masyarakat saat ini dan yang akan datang karenanya perlu sebuah adaptasi yang baik dari para generasi penerus agar dapat mempertahankan jati diri bangsanya di masa yang akan datang.

Pembelajaran yang efektif merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan oleh segenap masyarakat guna menyikapi problema tersebut. Dengan pembelajaran yang efektif ini sumber daya manusia yang tercipta akan semakin terasah dan memiliki kualitas yang lebih baik. Lalu bagaimanakah pembelajaran yang efektif tersebut?

Pembelajaran yag efektif adalah sebuah pembelajaran yang terjadi secara tepat guna. Baik dari tenaga pendidik yang mampu memberikan pelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik dengan baik hingga kemampuannya menggunakan media pembelajaran yang ada hingga membuat para peserta didik lebih mudah memahami apa yang disampaikannya. Salah satu ciri dari sebuah pembelajaran dapat dikatakan sebagai pembelajaran yang efektif adalah saat para peserta didik dapat mencerna apa yang ada di dalam kegiatan pembelajaran dan dapat mengimplementasikannya secara nyata dalam kehidupannya. Atau dapat kita katakan keberhasilan dari sebuah kegiatan pembelajaran ini bukan hanya pada keberhasilan dalam penguasaan teory saja tetapi lebih mengarah pada praktek di lapangan.

Dan demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf, Semoga bermanfaat.

Rating: 4.5