koffieenco.blogspot.com

Sunday, March 30, 2014

Mengkaji Pembelajaran Berbasis Komputer



Pembelajaran Berbasis Komputer - Saat ini dunia tengah mengalami yang dinamakan dengan globalisasi. Dengan hal ini menimbulkan berbagai dampak yang cukup serius yang dirasakan oleh masyarakat di dunia. Pertama hal yang sangat terasa saat ini adalah mulai hilangnya batas-batas kenegaraan yang mengakibatkan banyak orang semakin mudah dalam hal berkomunikasi di seluruh dunia. Salah satu hal yang mengakibatkan globalisasi ini semakin berkembang dengan pesat adalah dengan munculnya berbagai macam teknologi komunikasi yang ada saat ini yang membuat berbagai hal dapat dilakukan dengan mudah.

Pengaruh besar yang data kita rasakan dalam era globalisasi ini adalah tentang adanya alih teknologi dari luar negeri ke dalam negeri. Terbukti dari banyaknya masyarakat saat ini yang kian gencar menggunakan gadget-gadget yang canggih dalam melewati kehidupannya. Nah tentunya ini menjadi sebuah hal yang positif sebagai peningkatan taraf hidup masyarakat. Berbagai cara pun kian dilakukan oleh semua orang agar adanya teknologi sebagai pengaruh globalisasi tersebut semakin dapat dirasakan manfaatnya. Salah satu di antaranya adalah mengangkat teknologi sebagai salah satu komponen yang teramat penting dalam kegiatan pembelajaran modern saat ini.

Tersebutlah pembelajaran berbasis komputer sebagai salah satu pembelajaran paling mutakhir yang kian dirasakan oleh masyarakat. Kehadiran teknologi komputer ini dapat dimanfaatkan sebagai basis dari ilmu pengetahuan yang lainnya. Seorang tenaga pendidik seharusnya dapat melakukan inovasi dengan berpikir lebih kreatif agar perkembangan teknologi komputer tersebut dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran yang kian menyenangkan.

Pada dasarnya pembelajaran berbasis komputer ini menuntut kepada setiap orang yang terlibat di dalam kegiatan pembelajaran untuk bukan hanya dapat mempelajari tentang materi pembelajaran saja tetapi lebih dari itu mereka diharuskan untuk dapat mengoperasikan komputer. Dengan kemampuan mengoperasikan komputer dan penguasaan materi yang didapatkan sekaligus dalam kegiatan pembelajaran ini maka kegiatan pembelajaran yang terjadi pun akan semakin efektif karena akan menyiapkan para pihak yang terdapat di dalamnya untuk lebih siap da peka terhadap setiap kemungkinan yang terjadi terkait dengan perkembangan teknologi di dunia nanti pada akhirnya.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat saya sajikan kepada anda tentang pembelajaran berbasis komputer ini, Semoga dengannya mampu memberikan banyak manfaat bagi anda yang membutuhkan informasinya.

Rating: 4.5